Intan Permatasari
Departemen Manajemen (www.manajemen.fem.ipb.ac.id)
Fakultas Ekonomi dan Manajemen (www.fem.ipb.ac.id)
Institut Pertanian Bogor (www.ipb.ac.id)
Kuliah Perilaku Konsumen IKK 233 (Consumer Behavior
Class)
Department of Family and Consumer Sciences (www.ikk.fema.ipb.ac.id)
College of Human Ecology (www.fema.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University (www.ipb.ac.id)
Dosen:
Prof Dr Ir UJANG SUMARWAN, MSc
Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati Simanjuntak, MS
Ir. Retnaningsih, MS
Ir. Md djamaluddin, MSc
Text book:
Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
Catatan Kuliah Pertama
Kamis, 8 September 2016
Pukul 8:00 - 10:30, RK. GMSK L-H
Pada
pertemuan pertama kuliah Perilaku Konsumen (IKK 233), mahasiswa diberikan
materi pendahuluan mengenai Perilaku Konsumen. Kuliah ini sangat interaktif
bersama dosen Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc, kami diberikan beberapa games.
Pertama, untuk mengucapkan pengertian mengenai konsumen atau perilaku konsumen
dengan cepat. Games ini dimulai dari mahasiswa di ujung kanan dosen paling
depan. Saat ditunjuk oleh pak Ujang, mahasiswa harus segera menyebutkan nama
dan pendapatnya mengenai perilaku konsumen dalam beberapa kata saja dan
mahasiswa lain tidak boleh menyebutkan pengertian yang sama. Selanjutnya kami
diminta untuk menyebutkan trend yang berkembang di kalangan para pemuda
sekarang. Dan diminta untuk menyebutkan alasan mengapa memilih IPB, mengapa
memilih departemen, dan mengapa memilih mata kuliah perilaku konsumen.
Pengertian
perilaku konsumen, konsumen berkaitan dengan pelanggan, pemakai, pengguna,
pembeli, pengambil keputusan, barang, jasa, merek, harga, kualitas, menawar,
mencari informasi, membandingkan merek, persepsi, preferensi, sikap, dan motivasi. Menurut Schiffman dan
Kanuk (2010), perilaku konsumen adalah peerilaku yang diperlihatkan konsumen
dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan menghabiskan produk dan
jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka. Menurut pak Ujang
Sumarwan, perilaku konsumen adalah semua kegiatan, tindakan, serta proses
psikologis yang mendorong tindakan tersebut pada saat sebelum membeli, ketika
membeli, menggunakan, menghabiskan produk dan jasa setelah melakukan hal-hal di
atas atau kegiatan mengevaluasi.
Ada
beberapa perspektif riset perilaku konsumen yaitu perspektif pengambilan
keputusan, perspektif eksperiensial (pengalaman), dan perspektif pengaruh
behavioral. Perilaku konsumen juga memiliki rumus 4W + 2H yaitu what the buy, why they buy it, when the buy
it, where the buy it, how often they buy it, how often they use
it. Selanjutnya mengenai motivasi seorang konsumen, motivasi adalah daya
dorong yang muncul dari seorang konsumen yang akan mempengaruhi proses
kebutuhan konsumen dalam membeli dan menggunakan barang dan jasa. Motivasi
muncul karena adanya kebutuhan. Di akhir pertemuan, diberikan
pertanyaan-pertanyaan mengenai perkuliahan pertama tadi dan dibentuk kelompok.
salam kenal
BalasHapus