Sabtu, 10 September 2016

1

Resume Pertemuan Pertama Perilaku Konsumen (IKK 233)

Intan Permatasari
Departemen Manajemen (www.manajemen.fem.ipb.ac.id)
Fakultas Ekonomi dan Manajemen (www.fem.ipb.ac.id)
Institut Pertanian Bogor (www.ipb.ac.id)
Kuliah Perilaku Konsumen IKK 233 (Consumer Behavior Class)
Department of Family and Consumer Sciences (www.ikk.fema.ipb.ac.id)
College of Human Ecology (www.fema.ipb.ac.id
Bogor Agricultural University (www.ipb.ac.id)

Dosen:
Prof Dr Ir UJANG SUMARWAN, MSc
Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati Simanjuntak, MS
Ir. Retnaningsih, MS
Ir. Md djamaluddin, MSc

Text book:
Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.


Catatan Kuliah Pertama
Kamis, 8 September 2016
Pukul 8:00 - 10:30, RK. GMSK L-H

Pada pertemuan pertama kuliah Perilaku Konsumen (IKK 233), mahasiswa diberikan materi pendahuluan mengenai Perilaku Konsumen. Kuliah ini sangat interaktif bersama dosen Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc, kami diberikan beberapa games. Pertama, untuk mengucapkan pengertian mengenai konsumen atau perilaku konsumen dengan cepat. Games ini dimulai dari mahasiswa di ujung kanan dosen paling depan. Saat ditunjuk oleh pak Ujang, mahasiswa harus segera menyebutkan nama dan pendapatnya mengenai perilaku konsumen dalam beberapa kata saja dan mahasiswa lain tidak boleh menyebutkan pengertian yang sama. Selanjutnya kami diminta untuk menyebutkan trend yang berkembang di kalangan para pemuda sekarang. Dan diminta untuk menyebutkan alasan mengapa memilih IPB, mengapa memilih departemen, dan mengapa memilih mata kuliah perilaku konsumen.

Pengertian perilaku konsumen, konsumen berkaitan dengan pelanggan, pemakai, pengguna, pembeli, pengambil keputusan, barang, jasa, merek, harga, kualitas, menawar, mencari informasi, membandingkan merek, persepsi, preferensi,  sikap, dan motivasi. Menurut Schiffman dan Kanuk (2010), perilaku konsumen adalah peerilaku yang diperlihatkan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan menghabiskan produk dan jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka. Menurut pak Ujang Sumarwan, perilaku konsumen adalah semua kegiatan, tindakan, serta proses psikologis yang mendorong tindakan tersebut pada saat sebelum membeli, ketika membeli, menggunakan, menghabiskan produk dan jasa setelah melakukan hal-hal di atas atau kegiatan mengevaluasi.
Ada beberapa perspektif riset perilaku konsumen yaitu perspektif pengambilan keputusan, perspektif eksperiensial (pengalaman), dan perspektif pengaruh behavioral. Perilaku konsumen juga memiliki rumus 4W + 2H yaitu what the buy, why they buy it, when the buy it, where the buy it, how often they buy it, how often they use it. Selanjutnya mengenai motivasi seorang konsumen, motivasi adalah daya dorong yang muncul dari seorang konsumen yang akan mempengaruhi proses kebutuhan konsumen dalam membeli dan menggunakan barang dan jasa. Motivasi muncul karena adanya kebutuhan. Di akhir pertemuan, diberikan pertanyaan-pertanyaan mengenai perkuliahan pertama tadi dan dibentuk kelompok.

 

 



1 komentar: