TUGAS PEMASARAN INTERNASIONAL
STUDI KASUS : DANONE – EVIAN
Disusun Oleh :
1. Nur Anisa H24140015
2. Fitria Suartini H24140032
3. Intan Permatasari H24140045
4. Lisa Aisa H24140064
5. Nur Wasilah H24140077
6. Putri Idam Wati Hulu H24140135
Dosen Pengampu :
M. Syaefudin
DEPARTEMEN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI DAN MANAJEMEN
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
2016
RINGKASAN KASUS
Danone : Marketing The
Glacier In The US
Sebagai penggerak dan juga sebagai pendiri dari France
Grup Danone (Danone) yaitu Franck Riboud memiliki kemampuan besar untuk sukses.
Danone merupakan perusahaan
dimana ia menjadi pemimpin dan direktur sejak tahun 1996. Dengan mendapatkan
27% dari penjualan global yang ada, produk air yang bernama Danone yang dipimpin oleh merek Evian adalah nomor dua di seluruh dunia
dalam penjualan air kemasan.
Terlepas dari kesuksesan yang diperoleh Danone dan fokusnya di bidang
penjualan air di Amerika, Danone juga memiliki banyak kegagalan. Di akhir tahun
2001, Pepsi’s Aquafina dan Coke Dasani menyusul Danone dalam penjualan air di
Amerika sebagai pemain kedua dan ketiga dibelakang Nestle Perrier dan Poland
Spring Air.
Coca-Cola
bekerja sama dengan Danone bahwa diumumkan tahun 2002 Coca Cola telah mengambil
alih manajemen merk Evian di Amerika Utara. Menurut analisis J.P Morgan,
Coca-Cola akan mendapatkan master hak distribusi Evian dan akan meng-handle
semua proses promosi, pemasaran ke konsumen, penjualan di toko-toko, penjualan
botol. Danone akan tetap menangani sumber pengontrolan distribusi produk
tersebut dan strategi pemasaran produk tersebut.
Perjanjian utama kedua Danone terjadi pada Juni 2002, yaitu ketika Danone
dan Coca-Cola mengumumkan Joint Venture perusahaan mereka untuk produksi,
pemasaran dan distribusi Danone lokal maupun regional seperti penjualan bottle
spring dan sumber air di Amerika. Ketentuan perjanjian yang kompleks adalah
sebagai berikut :
Ø Danone memberikan kontribusi
aset botol ritel dan bisnis sumber air di
Amerika termasuk 5 fasilitas untuk memproduksi, lisensi untuk penggunaan Danone
dan merek sparkletts serta kepemilikan beberapa nilai merek
Ø Coca-Cola membayar kepada
Danone tunai sebesar 128 Juta Dollar dengan bunga kepemilikan 51 % dan akan
memberikan saluran pemasaran dan pengelolaan merk. Perjanjian tersebut berisi perjanjian keuntungan dari Coca-Cola
seperti volume penjualan yg selalu bertambah di pasar yang digunakan untuk
me-maintain pasar saham untuk mendapatkan keuntungan.
Danone’s Bottled Water Business
Pada tahun 2001,
Divisi air Danone menjadi yang no. 1 di pasar air dunia yang berasal dari
volume penjualan yang mencapai 12,5 % di pasar internasional. Dari pendapatan
didapat kira-kira 27% dari total pendapatan 3,4 Milliar Dollar pada tahun 2001.
Posisi kepimimpinan Danone yang telah dicapai selama ini menggunakan two-tier
strategy : Pertama Danone memperluas merk mereka sampai ke pasar internasional
dengan menggunakan akuisisi dari top regional dan merk lokal. Kedua dengan cara
Danone melaporkan hasil keuangan perusahaan mereka dengan menggunakan
klasifikasi broad segment dari Prancis, negara bagian eropa lainnya.
Evian : Danone’s Glacier Brand
Evian merupakan merk no 2 di dunia dengan volume penjualan lebih dari 120
negara di dunia. Evian membedakan
dirinya sebagai air murni, air mata air alami, botol pada satu sumber. Evian memiliki
trademark yaitu Untouched by man. Perfect
by nature. Evian merupakan air mineral yang
sangat terkenal di Prancis dan di Eropa. Produsen mengatakan bahwa air Evian
berasal dari pegunungan Alpen, karena kemurnian serta kualitas aiar yang baik
maka Evian menjualm produknya dengan harga yang mahal (premium price).
The U.S Bottled Water Market
Pada pasar Amerika Serikat pada tahun 1980an air mineral mulai menjadi
pilihan orang karena alasan kesehatan. Pada tahun 1990 terjadi kenaikan
pembelian air mineral gallon oleh masyarakat di US. Munculnya berbagai isu bahwa
mengkonsumsi air mineral jauh lebih sehat, maka membuat para produsen ingin
memasuki dunia ini. Air mineral yang dipasarkan di US harus seuai dengan
definisi dari The Food And Drug, sehingga masyarakat US dapat percaya akan
kualitas air mineral tersebut dan tertarik untuk membelinya.
LATAR BELAKANG
MASALAH
Pasar Amerika yang
begitu menarik untuk dimasuki karena dilihat dari beberapa
faktor yaitu masyarakat Amerika yang
semakin peduli terhadap kesehatannya, membuta Danone ikut tertarik untuk
mencoba memasuki pasar Amerika lewat evian. Sayangnya, di Amerika sendiri sudah
banyak perusahaan lainnya yang juga memproduksi air mineral. Para perusahaan
tersebut adalah perusahaan lokal yang cukup mendominasi penjualan produk air
mineralnya di Amerika.
Pesaing utama dari Evian dalam pasar
Amerika, antar lain adalah:
Ø Perrier and Polland Springs
(Nestle): Merek keluaran Nestle ini sudah ada sejak tahun 1863 dan merupakan
salah satu merek yang paling terkenal di US.
Ø Aquafina (PepsiCo): Pepsi
merupakan salah satu competitor dari Danone dengan produk yang sama. Aquafina
terkenal dengan kemurnian airnya dan rasanya.
Ø Dasani (Coca-Cola): Dasani
merupakan air mineral yang di produksi oleh Coca-Cola dan Dasani menggunakan
sumber air lokal sebagai bahan dasar air mineralnya.
Banyaknya pesaing
yang seakan-akan telah didominasi oleh pemain lokal, membuat Danone dengan
Eviannya sulit untuk mendapatkan market share sesuai dengan yang mereka
harapkan. Terlebih lagi Danone merupakan salah satu perusahaan Prancis. Pada
kenyataannya pasar di Eropa dan di Amerika sangat berbeda dan Danone terlihat
belum siap sepenuhnya dalam memasuki pasar. Salah satu contohnya, masyarakat
Amerika menyukai produk lokal yang diproduksi oleh perusahaan local.
Hal tersebut
membuat sales Evian di Amerika sangat kecil hanya 11% dibandingkan Negara lain.
Selain itu, Evian hanya menjadi merek no.4 di Amerika, sedangkan di Negara
lainnya Evian menjadi merek no.1. Meskipun Danone sudah berusaha meningkatkan
salesnya dengan melakukan joint venture dengan Coca-Cola, sales serta nama baik
Evian masih sangat lemah di pasar Amerika. Keadaan seperti ini yang membuat
Danone harus membuat strategi serta keputusan yang tepat dalam menghadapi
keadaan pasar. Melihat kenyataan yang ada di pasar Amerika, Danone harus dengan
segera mungkin membuat keputusan yang terbaik untuk Evian.
JAWABAN HASIL DISKUSI :
- Mengapa pangsa pasar Evian ini terus menurun sejak munculnya merek air kemasan cola raksasa di akhir 1990-an?
Jawab :
Pangsa pasar Evian semakin turun
karena :
a. Pasar di Eropa dengan pasar di Amerika, masyarakat
Amerika lebih menyukai produk lokal mereka, terlebih harga dari air mineral
Evian termasuk harga yang mahal yang ditujukan kepada kalangan-kalangan tertentu
atau niche product. Jika di Eropa
masyarakat mau membayar mahal, di Amerika air mineral yang dipilih di toko
maupun outlet- outlet adalah yang harganya murah.
b. Kurangnya distribusi , bila dibandingkan dengan
kemampuan distribusi Coke, Pepsi, dan merek air Nestlé, Danone lebih rendah.
Mengingat tempat penjualan air minum kemasan (toko, outlet kenyamanan, PKL, dan
mesin penjual), dan Evian tidak dijual ditempat yang sembarangan karena Evian
merupakan premium air mineral.
c. Kurangnya iklan, danone tidak pernah berusaha
untuk mempengaruhi pasar AS untuk merangkul kalangan niche dengan kampanye iklan yang komprehensif.
- Apakah usaha Joint Venture yang dilakukan Danone dengan Coca-cola sudah tepat ? mengapa, atau mengapa tidak ?
Jawab :
Kami rasa sudah tepat, mengingat
coca-cola sudah mendapat tempat dihati masyarakat Amerika dibuktikan dengan
peringkat Coca-cola yang berada pada peringkat tiga, satu tingkat diatas Danone
. Alasan lainnya yaitu :
a. Kesepakatan itu memungkinkan untuk pergeseran
manajemen dan sumber daya untuk pasar negara lain yang secara historis telah sukses.
b. Pergeseran pemasaran dan distribusi untuk mengambil
keputusan adalah keputusan yang bijaksana mengingat AS pasar air kemasannya belum
berhasil dipahami oleh manajemen Danone.
- Mengingat kurangnya produk Evian untuk sukses di pasar AS, apa yang menjadi konsekuensi yang bakal Danone terima jika keluar dari pasar AS ?
Jawab :
Konsekuensinya Danone khusunya produk
Evian di Amerika akan semakin tidak dikenal, namun kelebihannya itu akan
menghilangkan pengeluaran entri mahal dan memungkinkan Danone untuk mengalihkan
fokus dengan memperoleh pangsa di negara-negara di mana "gletser
premium" atau produk air minum premium diakui atau mempunyai nama di
masyarakat negara lain. Jadi saran dari kami, Evian lebih baik melebarkan
pangsa pasarnya ke negara lain.
0 komentar:
Posting Komentar