Rabu, 09 Maret 2016

0

Istilah-Istilah Job

Istilah-Istilah Job

 

                        - Job Description (uraian pekerjaan) adalah suatu catatan yang sistematis tentang tugas, wewenang, dan tanggung jawab suatu jabatan tertentu yang didefinisikan berdasarkan fakta-fakta yang ada. Job description harus dapat menjelaskan dan berfokus pada pekrjaan itu sendiri dan bukan kepada personil yang mengisi pekerjaan tersebut.
                               Job Spesification (spesifikasi jabatan) adalah persyaratan minimal yang harus dipenuhi oleh orang yang menduduki suatu jabatan, agar ia dapat melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya dengan baik.
            Beberapa hal yang pada umumnya dimasukkan dalam spesifikasi jabatan adalah:
1.      Persyaratan pendidikan, latihan, dan pengalaman kerja
2.      Persyaratan pengetahuan dan keterampilan
3.      Persyaratan fisik dan mental
4.      Persyaratan umur dan jenis kelamin
                             - Job Enrichment adalah hierarki mengarah vertikal. Artinya seorang karyawan diberi tugas yang levelnya di atas pekerjaan pokoknya saat ini. Secara implisit, job enrichment akan menambah tanggung jawab. Contoh: seorang mahasiswa menjadi asisten dosen. Job enrichment berfungsi juga sebagai mediator untuk promosi karyawan.
                        Job Enlargement adalah hierarki mengarah ke samping. Artinya seorang karyawan diberi tugas yang masih dalam satu level dengan pekerjaan pokoknya. Contoh: seorang karyawan bagian teller suatu waktu diminta untuk menjadi customer service. Job enlargement berfungsi agar karyawan tidak jenuh bekerja, karena diberi tugas baru walaupun pekerjaan tersebut masih dalam level yang sama.
                             - Job Simplification adalah penentuan standar prosedur kerja dan memperkerjakan karyawan pada tugas-tugas yang sangat jelas dan spesifik.
                                - Rotasi adalah memindahkan pekerjaan seseorang agar memperkaya pengalaman karyawan dan menghindari dari kebosanan.
                                - Mutasi adalah pemindahan pegawai dari satu jabatan ke jabatan lain.
                          - Promosi adalah proses kegiatan pemindahan karyawan/pegawai, dari satu jabatan/tempat kepada jabatan/tempat lain yang lebih tinggi serta diikuti oleh tugas, tanggung jawab, dan wewenang yang lebih tinggi dari jabatan yang diduduki sebelumnya. Dan pada umumnya promosi yang diikuti dengan peningkatan income serta fasilitas yang lain.
                          - Demosi adalah penurunan jabatan dalam suatu instansi yang biasanya dikarenakan oleh beberapa hal, contohnya adalah keteledoran dalam bekerja.
                        - Downsizing adalah pengurangan jumlah karyawan dan sumber daya lain sebagai bagian dari upaya efisiensi.
                   - Layoff adalah pemberhentian sementara yang umumnya terjadi karena situasi dan kondisi pada perusahaan:
1.      Tidak ada pekerjaan yang tersedia bagi karyawan yang dirumahkan.
2.      Pimpinan mengharapkan bahwa situasi tidak adanya pekerjaan akan bersifat kontemporer dan tidak lama
3.      Pimpinan bermaksud memanggil kembali karyawan untuk dipekerjakan kembali bilamana pekerjaan tersedia kembali.



 


                    



0 komentar:

Posting Komentar