Rabu, 24 Februari 2016

0

Manajer




Apakah yang dilakukan oleh Manajer?
Manajer adalah individu yang mencapai tujuan melalui orang lain. Mereka membuat keputusan, mengalokasikan sumber daya, dan mengatur aktivitas anak buahnya untuk mencapai tujuan. Manajer melakukan pekerjaan mereka dalam suatu organisasi (organization), yaitu sebuah unit sosial yang dikoordinasi secara sadar, terdiri atas dua individu atau lebih, dan berfungsi dalam suatu dasar yang relatif terus-menerus guna mencapai satu atau serangkaian tujuan bersama.

Fungsi Manajemen
Pada awal abad ke-20, seorang industrialis Prancis bernama Henri Fayol menulis bahwa semua manajer melakukan lima fungsi manajemen: Mereka merencanakan, mengorganisasi, memerintah, mengoordinasi, dan mengendalikan. Sekarang, kami telah menyingkatnya menjadi empat: perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian.
ü  Perencanaan: proses yang meliputi pendefinisian tujuan suatu organisasi, penentuan strategi keseluruhan untuk mencapai tujuan tersebut dan pengembangan serangkaian rencana komprehensif untuk menggabung dan mengoordinasi berbagai aktivitas.
ü  Pengorganisasian: proses yang meliputi penentuan tugas yang harus dikerjakan, siapa yang mengerjakan tugas tersebut, bagaimana tugas tersebut dikelompokkan, siapa melapor kepada siapa, dan dimana keputusan-keputusan dibuat.
ü  Kepemimpinan: Proses yang mencakup pemberian motivasi karyawan, pengaturan orang, pemilihan saluran komunikasi yang paling efektif, dan penyelesaian konflik.
ü  Pengendalian: memantau aktivitas untuk memastikan aktivitas tersebut diselesaikan seperti yang telah direncanakan dan membetulkan penyimpangan-penyimpangan yang signifikan.

Peran Manajemen
Pada akhir tahun 1960-an, Henry Mintzberg, seorang lulusan MIT, melakukan penelitian seksama terhadap lima orang eksekutif untuk menentukan tugas mereka. Berdasarkan observasinya, Mintzberg menyimpulkan bahwa manajer melakukan sepuluh peran atau rangkaian perilaku yang berbeda dan saling berkaitan erat. Seperti yang diperlihatkan dalam tabel berikut:
Peran-peran Manajerial Mintzberg
Peran
Deskripsi
Antarpersonal

Tokoh Utama
Pemimpin simbolis; diwajibkan melakukan sejumlah tugas rutin dari sebuah lembaga hukum atau sosial.
Kepemimpinan
Bertanggung jawab memotivasi dan mengarahkan karyawan
Penghubung
Mempertahankan jaringan koneksi luar yang memberikan pertolongan dan informasi.
Informasional
Pemantau
Menerima berbagai informasi; bertindak sebagai pusat saraf informasi internal dan eksternal organisasi.
Penyebar
Meneruskan informasi yang diterima dari orang luar atau karyawan lain kepada anggota organisasi.
Juru bicara
Meneruskan informasi kepada orang luar mengenai rencana, kebijaksanaan, tindakan, dan hasil organisasi; bertindak selaku ahli dalam industri organisasi.
Pengambilan Keputusan
Kewirausahaan
Mencari peluang dalam organisasi dan lingkungannya serta memprakarsai proyek-proyek untuk membuat perubahan.
Penyelesai Masalah
Bertanggung jawab atas tindakan korektif ketika organisasi menghadapi gangguan penting yang tidak terduga.
Pengalokasi Sumber Daya
Membuat atau menyetujui keputusan-keputusan organisasi yang signifikan.
Negosiator
Bertanggung jawab mewakili organisasi dalam negosiasi-negosiasi.

Keahlian Manajemen
Cara lain memikirkan apa yang dilakukan oleh para manajer adalah dengan melihat keahlian atau kompetensi yang mereka butuhkan untuk mencapai tujuan-tujuan mereka. Robert Kartz mengidentifikasikan tiga keahlian mendasar manajemen, yaitu: teknis, personal, dan konseptual.
·         Keahlian teknis→Kemampuan menerapkan pengetahuan atau keahlian khusus.
·         Keahlian personal→Kemampuan untuk bekerja sama, memahami, dan memotivasi orang lain, baik secara individual maupun dalam kelompok.
·         Keahlian konseptual→Kemampuan mental untuk menganalisis dan mendiagnosis situasi-situasi rumit.

Sumber: buku Perilaku Organisasi Edisi 12 buku 1, Stephen P.Robbins – Timothy A. Judge. Penerbit: Salemba Empat.

0 komentar:

Posting Komentar