Jumat, 08 April 2016

0

Makalah Pemasaran Jasa Marketing Action Plan of PRIMAGAMA



Makalah Pemasaran Jasa
Marketing Action Plan of PRIMAGAMA


Disusun oleh:
Puji Lestari                              H24140027    
Fadlilah Kusuma W                H24140030
Intan Permatasari                    H24140045
Nurul Hidayani                       H24140076
Nur Wasilah                            H24140077
Safira Dwi Tyas Putri             H24140134
                       
Dosen Kuliah: M. Syaefudin A. STP, MSi



PROGRAM SARJANA DEPARTEMEN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI DAN MANAJEMEN
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
2016
 

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
            Objek kelompok 8 adalah lembaga pendidikan nonformal yaitu bimbingan belajar Primagama. Pesaing dari bimbingan belajar ini yaitu Zenius, GO, dan Nurul Fikri.
Primagama merupakan usaha jasa pendidikan luar sekolah yang bergerak dibidang bimbingan belajar, didirikan tahun 1982, tepatnya pada tanggal 10 Maret 1982 di Yogyakarta. Program Bimbingan Belajar Primagama memiliki pasar sangat luas (siswa 3,4,5,6 SD – 7,8,9 SMP, dan 10,11,12 SMA IPA/IPS) dengan target pendidikan adalah meningkatkan prestasi akademik di sekolah, Ujian Akhir Sekolah, Ujian Nasional, dan Sukses Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri/Favorit serta sekolah kedinasan (bagi SMA/SMK). Berawal hanya satu gedung dengan 2 orang siswa. Saat ini Primagama memiliki lebih dari 500 Cabang di seluruh Indonesia dengan 3000 orang tenaga pendidik. Pada saat pertama kali berdiri kelas pertama Primagama ini dimulai dengan hanya memiliki 2 orang siswa.
Pada tahun 1996 Perkembangan primagama mulai terlihat dengan bertambahnya cabang menjadi 132 buah. Di tahun 2000 cabang yang dimiliki primagama kembali meningkat menjadi 157 buah. Berlanjut ditahun 2003 peningkatan jumlah cabang terlihat signifikan setelah terbentuknya sistem waralaba. Pada tahun 2003, jumlah cabang bertambah 320 cabang. Meningkat 300% dibanding periode sebelumnya. Hingga pada tahun 2015 Pada tahun 2015, primagama memiliki manajemen baru bernama PT Prima Edu Pendamping Belajar dan memperkecil jumlah cabangnya menjadi 500 buah yang sebelumnya telah memiliki 723 cabang. Bimbingan belajar primagama ini merupakan salah satu bimbingan belajar yang favorit menjadi pilihan masyarakat, namun di lain sisi tentunya primagama masih memiliki beberapa kelemahan-kelemahan yang perlu tindakan perbaikan untuk meningkatkan performa dari bimbingan belajar ini.
            Marketing Action Plan dari Primagama ini sebaiknya dilakukan dengan dua tahap. Pertama dari internalnya yaitu meningkatkan kualitasnya. Kedua adalah meningkatkan promosi. Tahap meningkatkan kualitas ini dilakukan dengan menambah ataupun memperbaiki sistem yang telah dilakukan Primagama  selama ini. kualitas yang baik selain sebagai daya tarik konsumen, juga sebagai cara untuk menghadapi para pesaing yang masing-masing menunjukkan kualitas terbaik mereka.
1.2 Rumusan Masalah
1.      Bagaimana Primagama meningkatkan kualitasnya?
2.      Bagaimana Primagama dapat meningkatkan promosinya?
1.3 Tujuan
Untuk membuat marketing action plan dari Primagama, yang dapat dilakukan dengan dua tahap yaitu dengan meningkatkan kualitasnya dan meningkatkan promosi.



 
BAB II
PEMBAHASAN

v  Peningkatan kualitas dapat dilakukan dengan :
ü  Jembatan Keledai Terbakukan
Sejauh ini PRIMAGAMA memiliki metode hafalan hanya untuk pelajaran Fisika dan Matematika. Dua metode tersebut yaitu :
-          Fisitaru
Belajar menyelesaikan soal-soal fisika tanpa menggunakan rumus-rumus  yang rumit.
-          Magasing
Belajar matematika dengan gampang, asyik, dan menyenangkan.
            Berdasarkan hal tersebut, kami merekomendasikan adanya sistem hafalan untuk pelajaran yang sistemnya hafalan teori atau disebut sebagai jembatan keledai. Jembatan keledai yang terbakukan yang dimaksudkan adalah jembatan keledai yang dibuat oleh pusat Primagama dan digunakan sama di semua cabang, sehingga tenaga pengajar tidak perlu lagi mengarang dan membuat sendiri yang nantinya cenderung berbeda-beda pada masing-masing tenaga pengajar.
ü  Aplikasi Belajar Mandiri

Primagama telah memiliki keunggulan berupa Smart Book yaitu buku yang disusun sesuai dengan kurikulum pemerintah dengan sajian yang mudah dipahami oleh para siswa. Seiring   dengan adanya perkembangan teknologi, kami  merekomendasikan adanya sebuah aplikasi belajar mandiri dalam bentuk CD. Aplikasi ini dapat dimiliki oleh siswa, sehingga memudahkan siswa belajar mandiri di rumah. CD ini  berisi  materi pelajaran disertai dengan adanya pembahasan soal-soal yang disajikan dengan bahasa remaja sehari-hari, sehingga diharapkan siswa dapat mudah mengerti. Cd ini memudahka mahasiswa belajar, baik secara audio maupun visual.

ü  Hiburan

Kami merekomendasikan adanya hiburan di waktu jeda maupun istirahat. Hiburan ini dapat berupa pemutaran musik sesuai dengan permintaan siswa atau mengadakan permainan ringan yang dapat membuat siswa kembali rileks.

ü  Informasi Biaya

Biaya bimbingan belajar di Primagama belum terlalu terpublikasi, baik di web maupun melewati media cetak seperti brosur. Sejauh ini, informasi biaya hanya dapat diperoleh jika menguhungi langsung ke kontak Primaga. Berdasarkan hal tersebut kami merekomendasikan agar Primagama lebih terbuka mengenai biaya, sehingga konsumen lebih dimudahkan. Selain itu, Primagama juga dapat memberikan diskon kepada siswa yang mendapat nilai tertinggi, hal ini dapat memotivasi siswa dan meringankan beban biaya.

ü  Menambah Tenaga Pengajar

Primaga telah memiliki tenaga pengajar sebanyak 3000n orang. Namun tenaga pengajar ini masih kurang dan tidak tersebar secara merata di semua cabang, sehingga kami mengusulkan adanya perekrutan tenaga pengajar berkualitas di cabang-cabang yang masih kekurangan.

 

v  Peningkatan Promosi dapat dilakukan dengan:

ü  Aktif dalam Publikasi

Saat ini kualitas primagama menurun, selain karena tingginya tingkat persaingan, hal ini juga dikarenakan kurangnya publikasi dari pihak Primagama. Kami merekomendasikan agar Primagama memilik staff khusus untuk mengelola website dan media sosial yang selama ini masih kurang aktif. Adanya staff khusus ini diharapkan dapat meningkatkan interaksi antara pihak Primagama dan  konsumennya.

ü  Kerjasama

Dalam rangka meningkatkan promosi, Primaga dapat melakukan kerjasama dengan pihak sekolah-sekolah seperti  melaksanakan Try Out UN maupun SBMPTN serta menjadi pihak sponsor di beberapa kegiatan siswa di sekolah. Kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan siswa mengenai primagama sehingga dapat menarik lebih banyak konsumen

ü  Promosi ke Sekolah

Saat ini, minat siswa untuk mengikuti bimbingan belajar di Primagama semakin berkurang, sehingga kami merekomendasikan untuk menggencarkan promosi ke sekolah- sekolah dengan menyampaikan berbagai keunggulan yang telah dimiliki. Hal ini diharapkan meningkatkan jumlah siswa yang mendaftar.


v  Proses Presentasi
(Pertanyaan, Saran, dan Tanggapan Peserta)

*      Presenter Nurul Hidayani (H24140076)

1.      Aeska Alya Sukma (H24140033)
Pertanyaan :
            Bagaimana sistem lokasi perekrutan tenaga pengajar? Apakah ada sistem penempatan ke daerah-daerah?

Jawaban :
            Perekrutan tenaga pengajar Primagama sebaiknya lebih mengutamakan penempatan didaerah dimana pelamar berlokasi. Hal ini disebabkan oleh perekrutan yang tujuannya hanya sebagai pengajar sebuah bimbingan belajar, sehingga tidak memungkinkan adanya penempatan ke daerah-daerah lain terutama daerah yang jauh, selain karena berbeda dari pegawai negeri, juga arena dikhawatirkan tidak menjamin dalam jangka panjang. Jadi sebaiknya perekrutan dilaksanakan didaerah dimana kurangnya tenaga pengajar.

2.      Fitria Suartini (H24140032)
Pertanyaan :
            Apakah ada rekomendasi lain selain CD sebagai aplikasi belajar?

Jawaban :
            Sejauh ini, menurut kami aplikasi yang tepat untuk belajar mandiri hanya CD yang berisi  penjelasan materi dan pembahasan soal dengan bahasa yang lebih akrab dan mudah dimengerti. Selain dapat digunakan sebagai produk bimbingan belajar Primagama, juga dapat mempermudah siswa dalam pembelajaran karena menggunakan sistem audio dan visualisasi sehingga tepat untuk siswa yang sistem belajarnya audio maupun visual.

3.      Salamma (H24140036)
Pertanyaan :
            Mengapa positioning Primagama sekarang ini semakin menurun?

Tambahan :
            Informasi biaya dibeberapa tempat sudah disampaikan melalui brosur

Jawaban :
            Primagama menurun disebabkan oleh tenaga pengajarnya. Kualifikasi bagi beberapa tenaga pengajar masih belum tepat, sehingga pada kenyataannya tenaga pengajar tidak dapat menyampaikan penjelasan materinya dengan cara yang mudah dimengerti oleh siswa.

4.      Nitya (H24140053)
Pertanyaan:
            Apakah ada pelatihan bagi tenaga pengajar?

Jawaban :
            Kami belum mendapatkan informasi mengenai pelatihan tenaga pengajar, karena fokus kami adalah bagaimana meningkatkan pemasaran dari Primaga. Selain karena pelatihan membutuhkan waktu tambahan, untuk sementara saran dari kami menambah jumlah pengajar berkualitas dan tersebar secara merata. 

*      Presenter : Intan Permatasari ( H24140045)
1.      Devi Marlina H24140017
Pertanyaan:
Mata pelajaran apa yang paling diunggulkan di primagama?

 Jawaban:
Mata pelajaran Matematika dan Fisika. Alasannya Primagama mempunyai dua program sendiri yang berbeda dengan kompetitor lainnya pada bidang tersebut yaitu:
-   Magasing: belajar matematika dengan gampang, asyik, dan menyenangkan.
-   Fisitaru: belajar menyelesaikan soal-soal fisika tanpa rumus-rumus yang rumit.
Primagama juga telah melakukan kegiatan pendukung seperti Primagama Mencari Juara (PMJ) pada tahun 2016. Acara PRIMAGAMA MENCARI JUARA (PMJ) ini dibuka oleh Kelapa Dinas DIKPORA Propinsi DIY ini bertujuan untuk mengukur potensi akademik siswa siswi SD, SMP, dan SMA. ata pelajaran yang dilombakan pada acara PMJ kali ini adalah SD (Matematika dan Sains), SMP (Matematika dan Fisika), SMA (Matematika, Fisika dan Ekonomi).
2.      Umi Chulsum H24140054
Pertanyaan
Mengapa memilih primagama? Dan bagaimana cara primagama menarik konsumen? (Umi Chulsum H24140054)

Jawaban:
Selain memiliki lebih dari 500 cabang di seluruh Indonesia, Primagama juga memiliki beberapa keunggulan dalam memberikan pengajaran kepada para siswa. Berikut adalah beberapa alasan kenapa memilih Primagama:

1)      SISTEM
Primagama satu-satunya bimbingan belajar yang mempunyai sistem pelayanan pendidikan termodern dan terunggul.

2)      INSTRUKTUR

Primagama mempunyai Instruktur Smart yang handal, menguasai materi pelajaran dan mampu menyampaikan materi dengan gaya yang menyenangkan

3)      AKADEMIK

Dengan pengalaman dan bukti prestasi, Primagama mempunyai Program akademik yang berkualitas.

4)      PELAYANAN

Primagama adalah bimbingan belajar yang selalu memberikan pelayanan yang prima agar para siswa dan siswi Primagama mencapai hasil yang optimal.

5)      CBT

Di Primagama, pengujian kemajuan siswa selain dilaksanakan dalam bentuk PBT (Paper Based Test) juga dalam format CBT (Computer Based Test).

6)      SMART BOOK

Smart Book disusun sesuai dengan kurikulum pemerintah dengan sajian yang mudah dipahami oleh para siswa.

7)      SMART SOLUTION

Smart Solution adalah metode belajar yang memudahkan siswa dalam memahami pelajaran dan mempercepat penyelesaian soal-soal.

8)      MAGASING

Belajar matematika dengan gampang, asyik, dan menyenangkan.

9)      FISITARU

Belajar menyelesaikan soal-soal fisika tanpa menggunakan rumus-rumus yang rumit. 

10)  SMARTCONSYS

Adalah sistem computerize yang disusun dari beberapa elemen sistem konsultasi siswa terpadu yang tersedia dalam paket Layanan Siswa Primagama.

3.      Embun Fathia H24140093
Pertanyaan :
Apakah Primagama pernah memberikan beasiswa kepada siswanya?
Jawaban:
Bulan September 2015 Universitas Tasmania dan Bimbingan Belajar Primagama mengumumkan bahwa siswa berprestasi dengan nilai terbaik akan menerima beasiswa untuk menempuh pendidikan di Universitas Tasmania. Beasiswa ini akan diberikan kepada dua murid dengan prestasi terbaik dari bimbingan belajar Primagama. Manfaat dari beasiswa ini mencakup biaya kuliah, akomodasi, serta biaya fasilitas kampus selama belajar di Universitas Tasmania. Program beasiswa ini adalah program beasiswa unggulan yang sebelumnya belum pernah ditawarkan kepada pelajar dari Indonesia. Untuk program sarjana tertentu, beasiswa ini dapat menghemat hingga $100,000 dollar Australia untuk program studi mahasiswa tersebut.
Rektor Universitas Tasmania, Professor Mike Calford, mengatakan bahwa program beasiswa ini dirancang untuk mengembangkan prestasi akademik pelajar berprestasi dari Indonesia, serta mempererat hubungan kerja sama Australia dengan Indonesia. “Pendidikan merupakan kunci bagi masa dengan yang gemilang. Oleh sebab itu, Universitas Tasmania bangga telah menjadi alma mater bagi sejumlah pelajar berprestasi dari Indonesia. Dengan menyediakan beasiswa ini, kami berharap dapat memperkuat tradisi ini sembari mempromosikan dan mempertahankan kualitas pendidikan akademik,” kata Professor Calford.
Dua beasiswa yang berdasarkan pencapaian akademis ini sangat kompetitif dan hanya tersedia bagi calon mahasiswa dari Indonesia yang terdaftar di Primagama, yang akan melaksanakan studi sarjana mereka di Universitas Tasmania pada tahun 2016. Universitas Tasmania menduduki posisi sebagai salah satu dari 100 universitas terbaik di dunia untuk sejumlah disiplin ilmu yang diajarkan di Universitas Tasmania. Universita Tasmania juga menduduki posisi 10 universitas terbaik di Australia. Berlokasi di Tasmania, belajar di Tasmania tidak hanya menawarkan manfaat dari kualitas pendidikan terkemuka. Namun juga kesempatan untuk menjelajahi salah satu tujuan wisata terkemuka dan terunik sedunia, yang hanya terletak di sebelah Indonesia.



*      Presenter: Safira Dwi Tyas Putri (H24140134)
1.      Safitri Ayu Febyanti H24140013
Pertanyaan:
Bagaimana tanggapan Anda tentang kualitas Primagama yang menurun? Terkadang materi yang diajarkan di Primagama tidak sesuai dengan apa yang diajarkan di sekolah. Ada banyak juga tenaga pekerja Primagama yang pindah ke instansi lain.
Jawaban:
Memang sebaiknya materi yang diajarkan di bimbel disesuaikan dengan materi yang diajarkan di sekolah / kurikulum nasional yang digunakan saat ini, agar materi yang diajarkan tidak melenceng dan dapat membantu proses belajar di sekolah.
2.      Garbella Rezky U H24140002
Pertanyaan:
Apa hal yang sudah dilakukan oleh Primagama untuk meningkatkan kualitas dan menghadapi pesaingnya?
Jawaban:
Saat ini pengajar Primagama sudah menerapkan sistem “jembatan keledai” yang membantu siswanya dalam menghafal materi. Namun menurut kami, sistem “jembatan keledai” ini harus dibakukan terlebih dahulu oleh Primagama agar setiap pengajar memberikan “jembatan keledai” yang sama ke para siswanya.
3.      Andre Wiguna H24140025
Tanggapan:
Lebih baik media social tidak hanya digunakan sebagai media publikasi, tetapi juga sebagai media pembelajaran. Penggunaan aplikasi pembelajaran mandiri juga akan membuat siswa lebih nyaman karena tidak harus pergi ke lokasi bimbel.
*      Presenter: Nur Wasilah (H24140077)

1.      Lathifah Salma H24140115
Pertanyaan:
Apa alasan kelompok anda mengganti objek dari Perguruan Tinggi Negeri menjadi Bimbingan Belajar? Jika dilihat dari segi biaya, Bimbingan Belajar manakah yang paling murah dan Bimbingan Belajar manakah yang paling mahal? Mengenai saran tentang hiburan untuk Primagama, hiburan seperti apakah yang kelompok anda maksud?
Jawab:
Kelompok kami mengganti objek dari Perguruan Tinggi Negeri menjadi Bimbingan Belajar karena menurut kami Perguruan Tinggi Negeri itu tujuannya tidak untuk dikomersialisasi, sehingga kami mengganti objek tetapi berbasis pendidikan dan lebih tepat untuk dibahas dalam marketing action plan.
Jika dilihat dari segi biaya, Bimbingan Belajar Nurul Fikri lah yang paling murah jika dibandingkah dengan keempat Bimbingan Belajar lainnya karena jika seorang siswa menjadi juara disekolahnya, Bimbingan Belajar Nurul Fikri akan memberikan diskon. Sedangkan Bimbingan Belajar yang paling mahal adalah Zenius.
Kelompok kami menyarankan untuk Bimbingan Belajar Primagama agar memfasilitasi hiburan bagi siswanya berupa pemutaran musik disela waktu istirahat kegiatan pembelajaran dan menyediakan komputer untuk siswa yang menyukai game tetapi dengan waktu yang ditentukan oleh pihak Primagama.
2.      Sari Intan Puspita H24140058
Pertanyaan:
Bagaimana penjelasan lebih mengenai saran yang kelompok anda berikan kepada Bimbingan Belajar Primagama mengenai cara menghafal?
Jawab:

Bimbingan Belajar Primagama hanya memberikan cara rumus cepat dalam mengerjakan pelajaran matematika, fisika, dan eksak lainnya. Namun, belum ada cara cepat dalam menghafal pelajaran hafal (biologi, ekonomi, geografi, dan lainnya).

*      Presenter: Fadlillah Kusuma Wardani (H24140030)

1.      Fathurrahmah H24140011
Pertanyaan :
Apa beda metode hafalan di primagama dengan GO? Misalkan hiburan (game) dihubungkan dengan pelajaran bagaimana?
Jawab :
Beda metode hafalan di primagama dengan GO yaitu secara umum memang primagama belom memiliki metode menghafal yang spesifik seperti di GO, primagama lebih mengutamakan penggunaan metode-metode cara menghitung cepat dengan menggunakan rumus cepat dalam bidang matematika dan fisika yang disebut magazine dalam bidang matematika dan fisitaru dalam bidang fisika.
2.      Dhevano .A. H24140124
Pertanyaan :
Kenapa primagama lebih dipercaya masyarakat ketika anaknya SD dan SMP, sedangkan ketika SMA masyarakat lebih percaya ke bimbel lain?
Jawab:
Secara kualitas memang menurut kami primagama belum memiliki kualitas yang baik dalam membina anak didiknya untuk tingkat SMA, dan membina mereka bisa masuk ke perguruan tinggi ternama. Hal ini disebabkan kurangnya kualitas sumberdaya manusia para pengajarnya dan kurangnya konsultan-konsultan yang bisa mengarahkan atau membina anak-anak tingkat SMA untuk masuk perguruan tinggi.
3.      Fadliah Istivani H24140042
Pertanyaan :
Dalam mengembangkan publikasi, selain menggunakan metode brosur bisa menggunakan metode lain apa saja?
Jawab :
Selain menggunakan brosur dalam mengembangkan publikasi dapat menggunakan metode pengadaan seminar-seminar di sekolah dengan memperkenalkan dan menjelaskan tentang bimbingan belajar primagama, selain itu primagama juga dapat menjalin kerjasama dengan kegiatan-kegiatan disekolah seperti try out dalam hal menyediakan soal-soal, sehingga dengan begitu nama primagama dapat dikenal.
4.      Etha Noor Fajar Yuana H24140043
Pertanyaan :
Soal harga, GO dengan primagama termasuk murah yang mana?
Jawab :
Soal harga antara GO dengan primagama, GO memiliki tingkat harga yang lebih mahal daripada primagama, primagama termasuk bimbingan belajar dengan pangsa pasar kalangan masyarakat menengah, jadi bisa dibilang untuk biaya belajar di primagama dapat dikatakan standar atau ditengah-tengah, dalam artian tidak terlalu mahal, namun juga tidak terlalu murah.

*      Presenter: Puji Lestari (H24140027)

1.      Rani Dwifentary H24140070
Pertanyaan:
Dengan diberikannya diskon dalam biaya bimbingan belajar apakah itu tidak merugikan perusahaannya?
Jawaban :
Tidak, karena dalam menetapkan biaya setelah didiskon tidak kurang dari biaya bimbelnya. Kita memberikan diskon tetapi tetap memperhatikan keuntungan.
2.      Suci Fadhillah H24140056
Tanggapan:
Saran untuk pengajarnya sebaiknya dipilih yang bisa mengajar anak – anak.
3.      Aulia H24140059
Pertanyaan:
Hiburan yang ditawarkan apa saja?
Jawaban:
Hiburan yang ditawarkan berupa pemutaran musik atau lagu serta media game.





BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Primagama merupakan bimbingan belajar yang sudah berdiri cukup lama. Namun usia berdirinya bimbingan primagama tidak berbanding lurus dengan kesuksesan primagama untuk menjadi bimbingan belajar terbaik untuk saat ini. Bahkan bimbingan belajar yang berdirinya tidak jauh berbeda dengan primagama sekarang menjadi market leader. Seperti kita ketahui beberapa tahun yang lalu yang menjadi market leader adalah Primagama. Namun sekarang Primagama tersingkir oleh bimbingan belajar lain. Kami membuat rekomendasi supaya Primagama kembali menjadi market leader pada bimbingan belajar. Cara kami untuk membuat Primagama sukses kembali yaitu dengan cara meningkatkan kualitas Primagama dan mempergencar promosinya. Cara meningkatkan kualitas yaitu dengan memberikan metode hafalan, menambah staf pengajar, membuat aplikasi belajar, semakin terbuka mengenai informasi biaya, menyediakan berbagai hiburan, serta memperbaiki  content web yang dimilikil. Sedangkan cara untuk mempergencar promosi yaitu dengan mengadakan kerja sama dan sering mempromosikan bimbingan belajar Primagama di sekolah – sekolah.

0 komentar:

Posting Komentar